Macam-Macam Pakaian Adat Sumatera Barat Pria dan Wanita

Pakaian Adat Sumatera Barat

Pakaian adat Sumatera Barat –┬áPakaian adat Sumatera Barat biasanya hanya digunakan pada saat acara khusus, seperti berbagai upacara adat dan pernikahan. Pakaian tradisional adat Sumatera Barat tersebut terkenal mewah, terutama pada penggunaan kain songketnya yang sangat menawan.

Keunikan pada pakaian adat Sumatera Barat ini terletak pada penutup kepala yang dikenakan wanita yang menyerupai bentuk atap rumah khas Sumatera Barat yaitu rumah gadang.

Aksesoris tersebut membuat pakaian adat ini jadi ikonik, sehingga orang yang melihatnya pasti sudah tahu dan mengenali asal pakaian tradisional tersebut.

Pakaian Adat Sumatera Barat Pria Beserta Aksesoris Lengkap

1. Baju Penghulu

Baju penghulu memiliki keunikan tersendiri yakni dari penggunaan warna hitam yang melambangkan kepemimpinan. Sedangkan dari jenis bahannya terbuat dari kain beludru yang memiliki kesan mewah.

Selain itu penggunaan celana bermodel longgar dengan diameter celana yang lebar serta mempunyai makna, yakni martabat pria yang lebih tinggi. Dan penambahan beberapa komponen juga yang membuat pria Sumatera Barat tampak berwibawa mengenakan pakaian adat ini.

2. Sasampiang

Sasampiang adalah pelengkap dari baju penghulu, yang berupa selendang dan dikenakan menyilang di bahu. Sasampiang ini terbuat dari kain songket khas Sumbar yang mempunyai warna yang cukup beragam.

Sasampiang mengandung makna keberanian dan ilmu pengetahuan yang harus dimiliki pria. Sehingga diharapkan para pria dapat memimpin dengan baik http://3.0.234.19/

3. Cawek

Cawek adalah ikat pinggang yang digunakan dalam pakaian adat Sumatera Barat. Cawek bermakna, mempererat ikatan persaudaraan antar sesama masyarakat suku Minang.

4. Sandang

Sandang juga merupakan aksesoris berupa ikat pinggang sama seperti cawek. Sandang dan cawek dikenakan dengan bersamaan. Sandang berupa kain segi empat yang berwarna merah. Warna merah tersebut melambangkan ketaatan terhadap hukum adat suku Minang yang berlaku.

5. Deta

Deta merupakan aksesoris yang dikenakan sebagai penutup kepala saat mengenakan pakaian adat. Deta berbentuk kain segitiga yang dikenakan dengan cara dililitkan pada kepala.

Ketika dikenakan harus berbentuk lancip pada bagian depannya. Walaupun Deta kebanyakan warnanya hitam, tapi ada pula deta dengan warna lain.

Deta memiliki keunikan yakni adanya variasi tingkatan sosial berdasarkan pemakainya. Deta tertinggi dipakai oleh raja, dan dibuat dari bahan yang paling baik diantara deta lainnya. Ada juga Deta Saluak Batimbo, Deta Ameh, dan Deta Cilien Manurun.

Pakaian Adat Sumatera Barat Wanita Beserta Aksesoris Lengkap

6. Baju Batabue

Pakaian adat Sumatera barat untuk wanita yakni baju Bundo Kanduang. Warna pakaian adat ini bervariasi, mulai dari biru, merah, lembayung dan hitam. Khusus u bagus kualitasnya. Sementara untuk warna lainnya dapat digunakan dalam acara lainnya.

Pakaian adat terkesan spesial dengan bertabur benang emas. Pakaian ini tampak mewah, dan mencerminkan budaya khas Sumatera Barat. Modelnya hampir sama seperti Baju Kurung khas provinsi Aceh, karena masih dalam satu rumpun yaitu Melayu.

7. Lambak

Lambak merupakan bawahan dari Baju Batabue. Lambak ini berupa kain songket bermotif khas Sumatera Barat, dengan hiasan sulaman benang emas dengan aneka warna mulai dari warna cerah, pastel, dan gelap.

8. Tengkolok Bertanduk

Yaitu aksesoris penutup kepala, yang bermakna saat dikenakan adalah wanita itu merupakan pemilik Rumah Gadang. Bentuknya unik menyerupai atap Rumah Gadang membuat penutup kepala ini begitu khas.

9. Balapak dan Salempang

Balapak adalah pelengkap pakaian adat Sumatera barat yang berupa selendang yang digunakan wanita Minang, bermakna bahwa wanita tersebut sudah siap menikah dan memiliki keturunan.

Sedangkan salempang digunakan oleh wanita yang sudah berkeluarga yang bermakna seorang wanita diharapkan bisa jadi teladan yang baik untuk keturunannya.

10. Dukuah

Dukuah merupakan aksesoris perhiasan wanita Sumatera Barat yang mengenakan pakaian adat. Dukuah ini berupa kalung emas dengan ukuran besar dan panjang yang menutupi bagian dada.

11. Galang

Galang atau juga gelang merupakan aksesoris pelengkap pakaian adat Sumatera barat dengan ukuran dan model yang bervariasi, ada yang besart, tebal dan ada juga yang tipis . Galang dikenakan pada kedua tangan atau hanya satu tangan saja.

Itulah informasi mengenai pakaian adat Sumatera Barat, semoga dapat menambah wawasan Anda dalam mengenal adat budaya dari berbagai daerah.